Apakah Burung Hantu juga Memangsa Sesamanya?

Ilustrasi/pixabay.com
Meskipun burung hantu biasanya dikenal memangsa tikus dan hewan pengerat lain, namun ternyata mereka juga memangsa sesama burung hantu lainnya. Ferruginous pygmy owl adalah burung hantu yang melakukan hal itu. Kenyataan tersebut tentu menjadikan burung-burung hantu yang masih kecil sangat rentan bahaya.

Ketika akan memangsa sesamanya, ferruginous pygmy owl akan menggunakan serangan mengejutkan dari belakang. Perilaku itu dikenal sebagai “mobbing”. 

Yang jadi masalah, burung itu termasuk pemangsa yang terampil, sehingga bahkan mampu memangsa hewan yang ukurannya dua kali lipat dari dirinya. Sehingga, mangsa yang menjadi korban serangan mobbing-nya hampir dapat dipastikan tidak akan selamat.

Untuk melindungi diri dari ancaman mobbing sesamanya, ferruginous pygmy owl pun kemudian mengembangkan pertahanan diri yang sangat unik. Mereka menumbuhkan dua bintik menyerupai mata, yang tumbuh di bagian belakang kepalanya. 

Dua bintik mirip mata itu cukup untuk menghalangi calon pemangsanya, karena mereka biasanya tidak akan menyerang burung hantu yang melihat arah mereka.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spinning the wheels of change in Bali

Mengapa Fosil Dinosaurus Tidak Ditemukan di Indonesia?

Our better lives and environment