Mengapa Ada Tanda Double Slash di Alamat Situs Internet?

Ilustrasi/keluhkesah.com
Semua alamat situs atau website di internet diawali http/https, yang diikuti tanda double slash. Misalnya situs ini, alamatnya adalah sebagai berikut: https://www.belajarsampaimati.com. Lalu kenapa ada tanda double slash di situ?

Jawabannya mungkin terdengar tidak menyenangkan, yaitu karena kekhilafan.

Sir Tim Berners Lee, pencipta world wide web, mengaku bahwa tanda double slash yang ia masukkan pada alamat situs adalah kekhilafan dirinya. Dia juga mengakui bahwa karakter double slash pada alamat situs sebenarnya tidak memiliki arti sama sekali dalam pengkodean situs. Dia bahkan menyesali dirinya yang dulu membubuhkan tanda itu ketika menciptakan web.

Jadi, tanda double slah pada alamat situs tidak punya makna sama sekali. Sebenarnya, bahkan karakter www pada nama situs pun tidak terlalu berguna. 

Karena itu pula, di masa sekarang, kita bisa langsung mengunjungi suatu situs di internet tanpa harus mengetikkan htpps, tanpa harus mengetikkan double slash, dan tanpa harus mengetikkan www. Cukup ketik nama situs yang dituju, ditambahi akhir .com atau akhiran lain, dan halaman situs pun terbuka.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spinning the wheels of change in Bali

Mengapa Fosil Dinosaurus Tidak Ditemukan di Indonesia?

Our better lives and environment